Dalam
bidang ketekniksipilan perlu adanya sebuah referensi atau sebuah data yang
dijadikan sebuah acuan dalam melaksanakan pengujian atau penelitian. Teknik
sipil juga membutuhkan sebuah kepastian data yang berguna untuk menganalisa
sebuah permasalahan yang timbul dalam sebuah pelaksanaan. Pada makalah ini akan
dijelaskan bagaimana cara menganalisa data yang akan digunakan sebagai acuan perencanaan dalam pembuatan jalan raya
yang tahan akan kerusakan sehingga bisa mengurangi angka kecelakaan kendaraan
bermotor.
Kerusakan
jalan sering terjadi sehingga pemerintah harus sering kali membenahi dan
merenovasi bangunan transportasi yang diakibatkan oleh faktor luar seperti
curah hujan, temperature, bahkan disebabkan oleh beban berlebih yang dibawa oleh kendaraan yang melintasi
jalan tersebut.
Oleh karena itu dalam bidang teknik sipil
dalam membangun fasilitas jalan sangat membutuhkan data pengaruh beban berlebih
pada kendaraan yang mengakibatkan kerusakan pada jalan sehingga meningkatkan
faktor kecelakaan bagi pengguna jalan. Dengan data yang telah diperoleh maka akan
dilakukan perhitungan-perhitungan statistik yang nanti akan memprediksi kemungkinan-kemungkinan
yang akan terjadi. Dalam analisa ini metode yang digunakan adalah dengan
pendekatan sebuah rata-rata, standard deviasi, regresi linier dan penarikan
kesimpulan.
Salah
satu faktor penyebab rusaknya jalan yaitu pembebanan yang berulang pada jalan,
daya rusak jalan akan meningkat seiring dengan banyaknya kendaraan yang membawa
muatan yang melebihi batas/jumlah beban ijin(JBI). Muatan truk berlebih
mencapai 50% mempengaruhi biaya pemeliharaan jalan hingga 2,5 kali terhadap
rencana biaya pemeliharaan rutin per
tahun dalam rentang waktu masa layak. Dengan kondisi seperti itu pemerintah
cenderung mengabaikan proses perbaikann pada kerusakan jalan karena faktor
biaya pemeliharaan jalan yang meningkat. Berikut merupakan data perbandingan antara
muatan sesuai JBI dan ,muatan berlebih 50%
Table 1. Data Perbandingan
antara Muatan sesuai JBI dan Muatan Berlebih 50%
|
Tahun
|
|
Muatan
Sesuai JBI
|
|
|
Muatan
Berlebih 50%
|
|
|
||
|
Jumlah
|
|
IRI
|
|
Jumlah
|
|
IRI
|
|
|
|
|
ke
|
Lalulintas
|
CESAL
|
Pemeliharaan
|
Lalulintas
|
CESAL
|
Pemeliharaan
|
|
||
|
Prediksi
|
Prediksi
|
|
|||||||
|
|
Truk
|
|
|
Truk
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
1
|
234.618
|
879.816
|
2.138
|
Rutin
|
156.412
|
2.973.387
|
2.522
|
Rutin
|
|
|
2
|
248.695
|
932.605
|
2.289
|
Rutin
|
165.796
|
3.151.790
|
3.081
|
Rutin
|
|
|
3
|
263.616
|
988.561
|
2.442
|
Rutin
|
175.744
|
3.340.897
|
0.681
|
Rutin
|
|
|
4
|
279.433
|
1.047.875
|
2.608
|
Rutin
|
186.289
|
3.541.351
|
4.322
|
Rutin
|
|
|
5
|
296.199
|
1.110.747
|
2.784
|
Rutin
|
197.466
|
3.753.832
|
5.009
|
Berkala
|
|
|
6
|
313.971
|
1.177.392
|
2.971
|
Rutin
|
209.314
|
3.979.062
|
2.688
|
Rutin
|
|
|
7
|
332.810
|
1.248.036
|
3.169
|
Rutin
|
221.873
|
4.217.806
|
3.426
|
Rutin
|
|
|
8
|
352.778
|
1.322.918
|
3.380
|
Rutin
|
235.185
|
4.470.874
|
4.217
|
Rutin
|
|
|
9
|
373.945
|
1.402.293
|
3.604
|
Rutin
|
249.297
|
4.739.127
|
5.065
|
Berkala
|
|
|
10
|
396.381
|
1.486.430
|
3.841
|
Berkala
|
264.254
|
5.023.474
|
2.861
|
Rutin
|
|
Setelah mengetahui adanya data yang
menunjukkan pelanggaran pada kendaraan yang membawa muatan melebihi batas
jumlah beban ijin (JBI), bisa mempengaruhi / meningkatkan angka kecelakaan yang
disebabkan kerusakan jalan. Berikut data yang menunjukkan angka kecelakaan di
daerah kota/kabupaten Bali pada tahun 2011.
Table
2Banyaknya Kecelakaan Lalu Lintas Menurut
Akibat Kecelakaan dan Nilai Kerugian Menurut Kabupaten/ Kota di Bali, 201
|
|||||||
Kabupaten/Kota Regency/City
|
Kejadian Accidents
|
Meninggal
Dunia Dead
|
Luka
Berat Seriously Injured
|
Luka
Ringan Slightly Injured
|
Kerugian Material Value of Losses (000 Rp)
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||
1.
|
Jembrana
|
252
|
71
|
7
|
387
|
1 132
235
|
|
2.
|
Tabanan
|
326
|
57
|
176
|
370
|
725 975
|
|
3.
|
Badung
|
205
|
61
|
176
|
115
|
409 250
|
|
4.
|
Gianyar
|
404
|
96
|
258
|
367
|
457 135
|
|
5.
|
Klungkung
|
123
|
29
|
10
|
188
|
82 710
|
|
6.
|
Bangli
|
41
|
26
|
4
|
38
|
28 400
|
|
7.
|
Karangasem
|
185
|
56
|
121
|
169
|
270 250
|
|
8.
|
Buleleng
|
635
|
79
|
191
|
906
|
742 875
|
|
9.
|
Denpasar
|
832
|
126
|
612
|
738
|
1 062
175
|
|
}Jumlah /
Total :
|
3 003
|
601
|
1 555
|
3 278
|
4 911
005
|
Tabel di bawah ini akan
menunjukkan bagaimana perbandingan yang terjadi setiap tahunnya antara angka
kecelakaan dengan panjang jalan yang rusak.
Table 3Perbandingan Jumlah Jalan Yang Rusak dan
Angka Kecelakaan di Bali
Tahun
|
Panjang Jalan yang Rusak (km)
|
Angka
Kecelakaan (ribuan)
|
2007*
|
7493,09
|
2217,260
|
2008*
|
7493,09
|
1977,505
|
2009*
|
7493,09
|
2973,870
|
2010*
|
7504,14
|
3376,495
|
2011
|
7504,14
|
4911,005
|
ket : *
jumlah jalan yang rusak pada tahun tersebut + jalan kabupaten yang rusak
tahun 2011
|
|
Data-data
tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai pengolahan data menggunakan ru mus
analisis regresi untuk mengetahui berapa besar dampak jalan yang rusak terhadap
angka kecelakaan lalu lintas yang ada di Bali.
BAB IV ANALISIS DAN PERHITUNGAN
Membuat
Ha dan Ho dalam bentuk kalimat:
Ha:
Terdapat pengaruh yang signifikan antara jumlah jalan yang rusak terhadap angka
kecelakaan lalu lintas yang ada di bali.
Ho:
Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara jumlah jalan yang rusak terhadap
angka kecelakaan lalu lintas yang ada di bali.
Membuat tabel penolong untuk
menghitung angka statistik pada data perbandingan panjang jalan yang rusak
dengan angka kecelakaan.
No/statistik
|
X
|
Y
|
X2
|
Y2
|
XY
|
1
|
7493,09
|
2217,260
|
56146398
|
4916242
|
16614129
|
2
|
7493,09
|
1977,505
|
56146398
|
3910526
|
14817623
|
3
|
7493,09
|
2973,870
|
56146398
|
8843903
|
22283476
|
4
|
7504,14
|
3376,495
|
56312117
|
11400718
|
25337691
|
5
|
7504,14
|
4911,005
|
56146398
|
4916242
|
16614129
|
Jumlah ()
|
29983,41
|
10545,13
|
224751310
|
29071389
|
79052918
|
Masukkan angka-angka statistik dari
tabel penolong dengan rumus:
(1)
Menghitung
rumus b:
(2)
Menghitung
rumus a:
(3) Menghitung
persamaan regresi sederhana:
Y = a + bX = -1,08688 + 0,35188. (X)
(4) Membuat
garis persamaan regresi:
a. Menghitung rata-rata X dengan
rumus:
b. Menghitung rata-rata Y dengan
rumus:
(5)
membuat grafik regresi :
|
Menguji Signifikansi dengan Langkah-langkah berikut:
Langkah 1.
Mencari Jumlah
Kuadrat Regresi (JKReg [a]) dengan rumus:
Langkah 2.
Mencari Jumlah
Kuadrat Regresi (JKReg [b|a]) dengan rumus:
Langkah 3.
Mencari Jumlah
Kuadrat Residu (JKRes) dengan rumus:
JKRes =
=29071389 – –
=-33351900107
Langkah 4.
Mencari
Rata-rata Jumlah Kuadrat Regresi (RJKReg
[a]) dengan rumus:
RJK Reg[a] = JKReg[a] = 22239953,34
Langkah 5.
Mencari
Rata-rata Jumlah Kuadrat Regresi (RJKReg
[b|a]) dengan rumus:
RJK Reg[b|a] = JKReg[b|a] = 33358731543
Langkah 6.
Mencari
Rata-rata jumlah Kuadrat Residu (RJKRes) dengan rumus:
RJK Res = =
=-11117300036
Langkah 7.
Menguji
Signifikansi dengan rumus:
Fhitung = =
=
-0,3
Kaidah penguji
signifikansi :
Jika Fhitung ≥ F tabel,
maka tolak Ho artinya signifikan dan
Fhitung ≤ F tabel,
terima Ho artinya tidak signifikan
Dengan taraf signifikan (α) =
0,05
Carilah nilai Ftabel
menggunakan Tabel F dengan rumus :
F tabel = F {1-α)
(dk Reg [b|a], (dk Res)}
= F {(1 – 0,05)(dk Reg [b|a]=1, (dk Res=5 – 2 = 3)}
= F {(0,95)(1,3)}
Cara mencari F tabel :
angka 1 = pembilang
Angka 3 = penyebut.
Ftabel = 10,13
Ternyata Fhitung < Ftabel, maka terima Ho artinya tidak signifikan.
0 komentar:
Posting Komentar